Pengabdian Masyarakat

 PENGABDIAN MASYARAKAT
PEDULI PASCA BENCANA BANJIR DI BELITUNG TIMUR
AKPER RS PGI CIKINI BERSAMA DENGAN KOPERTIS III WILAYAH JAKARTA

pengabdianmasyarakat

Pengabdian Masyarakat 1

LAPORAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT
PEDULI PASCA BENCANA BANJIR DI BELITUNG TIMUR
AKPER RS PGI CIKINI BERSAMA DENGAN KOPERTIS III WILAYAH JAKARTA

 

26 JULI – 3 AGUSTUS 2017

Peserta dari 14 Universitas dibawah binaan Kopertis Wilayah III Jakarta, personel yang terlibat terdiri dari 8 orang Dokter, 17 tenaga medis, 2 psikolog, 9 juru masak, 50 orang tenaga umum. Kegiatan yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan umum dan kesehatan gigi, pelayanan dalam bidang pemulihan pasca bencana untuk anak-anak, kegiatan sosial berupa membantu pemulihan rumah warga terdampak bencana dan fasilitas umum serta bantuan langsung pada masyarakat.

Kegiatan sosial berupa pembongkaran rumah, pembersihan jalan dan pembersihan rumah warga di seputar Ds.Canggu. Kegiatan ini bebrhasil melakukan pembongkaran rumah warga sebanyak 3 unit rumah, Perbaikan SDN 7 dan perbaikan jalan desa di Ds.Canggu. Kegiatan pendidikan untuk anak dilakukan di SDN3, SDN 7, SDN 9 dan SDN 21 yang tersebar di wilayah Gantung. Kegiatan yang dilakukan berupa pembagian seragam sekolah, buku tulis, sepatu dan trauma healing untuk anak.

Kegiatan kesehatan dilakukan pada beberapa titik: Puskesmas gantung, Kunjungan ke rumah-rumah pasien, Posko Koramil, Balai desa meranteh dan Gedung MPB ds.Canggu. Total pasien yang dilayani untuk kesehatan umum sebanyak 480 orang yang datang langsung ke posko dan sebanyak 137 pasien yang dikunjungi ke rumah. Untuk kesehatan gigi sebanyak 63 orang, selain melakukan penanganan tindakan kesehatan gigi dan mulut tim kedokteran gigi juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat sebelum melakukan tindakan. Dalam kegiatan ini tiga penyakit yang sering ditemui adalah Hipertensi (darah tinggi), Infeksi Saluran Pernafasan Atas (batuk pilek) dan Osteoarthritis (Penyakit Sendi Tua) dengan variasi penyakit lain berupa penyakit kulit.

Bantuan langsung yang diserahkan pada masyarakat berupa penampungan air, Kasur, sajadah, mukena, sarung, seragam SD, buku, alat tulis dan sepatu. Bantuan diserahkan di Dusun Canggu, Dusun Seberang, Dusun Slingsing, Kampung Bugis, Dusun Meranteh, dan Bukit Penyu.

Tim Akper RS PGI Cikini bertugas sebagai tim kesehatan, berikut laporan kegiatan selama di Belitung Timur

 

1. Kamis, 27 Juli 2017

Posko Kesehatan I

Lokasi Pelaksanaan  : Puskesmas Kecamatan Gantung dan Dusun Canggu
PIC Posko  : drg. Mutiara
Waktu Pelaksanaan  : 09.00 – 16.00
Isi Kegiatan  : - Balai Pengobatan di Posko Pengungsian Masjid Al-Makmur
    - Home Visit dan Kajian Lingkungan Sekitar
Jumlah Pasien  : 30 pasien dan 8 KK

 

Kelebihan Kegiatan :
• Penerimaan masyarakat cukup baik
• Tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Gantung sudah mencukupi
• Dukungan yang baik dari instansi pemerintah setempat

Kekurangan yang Ada :
• Kebersihan Posko Pengungsian kurang baik
• Pasien dengan trauma psikologis masih belum mendapatkan terapi yang tepat dan cepat (Psikolog lapangan hanya 1 orang)

 

Posko Kesehatan II

Lokasi Pelaksanaan  : Koramil
PIC Posko  : dr. Anthony Alikazin
Waktu Pelaksanaan  : 09.00 – 16.00
Isi Kegiatan  : - Balai Pengobatan di Koramil
    - Home Visit dan Kajian Lingkungan Sekitar
Jumlah Pasien  : 23 pasien dan 55 pasien Home Visit

 

Kelebihan Kegiatan :
• Lokasi cocok dan strategis untuk dilakukan posko kesehatan
• Sistem dari alur pasien untuk berobat sudah rapi

Kekurangan yang Ada :
• Posko masih baru sehingga masyarakat sekitar masih belum aware
• Belum adaya publikasi oleh tokoh masyarakat mengenai posko yang dibuka
• Masyarakat cenderung menutup diri saat dilakukan home visit

 

2. Jumat, 28 Juli 2017

Posko Kesehatan I

Lokasi Pelaksanaan  : Puskesmas Keliling di area Wilayah Kerja Puskesmas Kec. Gantung
PIC Posko  : Yosep, Amk
Waktu Pelaksanaan  : 09.00 – 11.30 (selanjutnya membantu Posko Kampung Bugis)
Isi Kegiatan  : - Home Visit, Kajian Rumah
    - Follow-up Ulang Home Visit
Jumlah Pasien  : 20 rumah yang dikaji

 

Kelebihan Kegiatan :
• Follow-up penting untuk mengkaji pasien secara holistik
• Cakupan pasien lebih luas oleh karena mobilitas yang baik

Kekurangan yang Ada:
• Akses jalan yang kurang baik dan masih belum dirapikan
• Tidak semua anggota keluarga ada di rumah saat home visit, sehingga tidak bisa dikaji satu rumah secara keseluruhan

 

Posko Kesehatan II

Lokasi Pelaksanaan  : Kampung Bugis
PIC Posko  : dr. Eifraimdio
Waktu Pelaksanaan  : 09.00 – 16.00
Isi Kegiatan  : Balai Pengobatan Umum di Area Kampung Bugis dan Home Visit
Jumlah Pasien  : 16 pasien dan 28 Home Visit

 

Kelebihan Kegiatan :
• Antusiasme masyarakat masih cukup baik untuk pelayanan kesehatan
• Lokasi yang memadai untuk diadakan posko kesehatan, dekat dengan dapur umum

Kekurangan yang Ada :
• Sarana pemeriksaan terbatas
• Beberapa rumah masih dalam kondisi yang belum layak untuk dikunjungi dan dikaji, serta warga area sekitar masih fokus dalam pembersihan rumah pribadi

 

Posko Kesehatan III

Lokasi Pelaksanaan  : Koramil dan Desa Sebrang
PIC Posko  : dr. Anthony Alikazin
Waktu Pelaksanaan  : 09.00 – 16.00
Isi Kegiatan  : Balai Pengobatan Umum, Home Visit, Konsultasi Gizi
Jumlah Pasien  : 29 pasien dan 76 pasien home visit

 

Kelebihan kegiatan :
• Perkembangan jumlah pasien oleh karena sudah diketahuinya pembukaan posko oleh masyarakat
• Masyarakat lebih terbuka untuk dikunjungi

Kekurangan yang Ada :
• Terdapat pasien kondisi khusus yang tidak dapat dilayani hingga selesai karena keterbatasan sarana pemeriksaan dan terapi

 

3. Sabtu, 29 Juli 2017

Posko Kesehatan I

Lokasi Pelaksanaan  : Koramil
PIC Posko  : dr. Anthony Alikazin
Waktu Pelaksanaan  : 09.00 – 17.00
Isi Kegiatan  : Balai Pengobatan Umum dan Konsultasi Gizi
Jumlah Pasien  : 13 pasien

 

Kelebihan Kegiatan :
• Sebagian besar pasien di sekitar koramil sudah mendapatkan pengobatan
• Door to door sudah menjadi metode yang maksimal untuk melakukan skrining dan kajian

Kekurangan yang Ada :
• Tidak ada

 

Posko Kesehatan II

Lokasi Pelaksanaan  : SDN 03 Gantung
PIC Posko  : drg. Mutiara
Waktu Pelaksanaan  : 09.30 – 13.00 (kemudian membantu di posko Meranteh)
Isi Kegiatan  : Pemeriksaan Gigi, Penyuluhan oleh drg. Mutiara dan Balai Pengobatan Umum
Jumlah Pasien  : 16 pasien dan 19 pasien gigi

 

Kelebihan Kegiatan :
• Lokasi menerima kerjasama untuk dilakukan pemeriksaan dengan baik
• Antusiasme masyarakat masih tinggi untuk dilakukan pemeriksaan

Kekurangan yang Ada :
• Ada 1 SDN yang tidak terjangkau oleh karena personil kesehatan membantu di posko kesehatan Meranteh

 

Posko Kesehatan III

Lokasi Pelaksanaan  : Desa Selingsing, Dusun Meranteh
PIC Posko  : dr. Eifraimdio
Waktu Pelaksanaan  : 10.00 – 16.00
Isi Kegiatan  : Balai Pengobatan Umum, Penyuluhan oleh Pricilla dari Akper Hang Tuah Jakarta, Home Visit, Layanan Gigi, Konseling Psikolog
Jumlah Pasien  : 98 pasien umum

 

Kelebihan Kegiatan :
• Dukungan tokoh masyarakat sangat besar dalam publikasi kegiatan
• Antusiasme masyarakat tinggi untuk mengikuti pengobatan
• Penerimaan masyarakat kepada posko yang baik

Kekurangan yang Ada:
• Tidak ada sarana pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol
• Bantuan untuk warga yang terkena bencana masih belum memadai
• Beberapa obat yang dibutuhkan tidak tersedia jenis dan jumlahnya

 

4. Minggu, 30 Juli 2017

Posko Kesehatan I

Lokasi Pelaksanaan  : Koramil
PIC Posko  : dr. Eifraimdio
Waktu Pelaksanaan  : 09.30 – 15.00
Isi Kegiatan  : Balai Pengobatan Umum dan Kunjungan rektor Kalbis Institute, Ketua Kopertis Wilayah III dan Wakil Bupati Belitung Timur
Jumlah Pasien  : 8 pasien

 

Kelebihan Kegiatan :
• Cakupan kegiatan sudah baik sehingga jumlah pasien yang diobati sudah memadai.
• Respon dari rektor Kalbis Institute, Ketua Kopertis Wil. III dan Wakil Bupati BelTim sangat baik untuk keberadaan posko kesehatan.

Kekurangan yang Ada:
• Keterbatasan sarana pemeriksaan dan manajemen terapi untuk kasus-kasus yang sebaiknya dirujuk ke Faskes yang lebih tinggi.

 

5. Senin, 31 Juli 2017

Posko Kesehatan I

Lokasi Pelaksanaan  : Koramil
PIC Posko  : dr. Eifraimdio
Waktu Pelaksanaan  : 10.00 – 14.30
Isi Kegiatan  : Balai Pengobatan Umum
Jumlah Pasien  : 4 pasien

 

Posko Kesehatan II

Lokasi Pelaksanaan  : Aula Majelis Permusyawaratan Buruh
PIC Posko  : dr. Clara Anggraini
Waktu Pelaksanaan  : 10.00 – 17.00
Isi Kegiatan  : Balai Pengobatan Umum
Jumlah Pasien  : 49 pasien

 

Kelebihan Kegiatan :
• Waktu pelaksanaan bertepatan dengan penerimaan kunjungan Menteri Sosial Indonesia
• Masyarakat sekitar cukup antusias dengan keberadaan posko kesehatan

Kekurangan yang Ada :
• Terdapat kekurangan tenaga untuk melayani pasien
• Terdapat jenis obat yang tidak tersedia untuk kasus-kasus yang lebih advance

 

TOTAL Keseluruhan Pasien Pelayanan Umum : 301 pasien
TOTAL Keseluruhan Pasien Home Visit : 159 pasien
TOTAL Keseluruhan Pasien yang Dilayani : 460 pasien
Penyakit yang umum dijumpai : Hipertensi (Darah Tinggi), ISPA (Batuk-Pilek) dan Osteoarthritis (Penyakit Sendi Tua).



 

Pengabdian Masyarakat Desa Palalangon Ciranjang Akademi Perawatan RS PGI Cikini Jakarta

 Pengabdian Masyrakat 22

pengabdian masyrakat 121

pengabdian Masyrakat

Pengabdian Masyarakat 567

 Laporan Pengabdian Masyarakat Desa Palalangon Ciranjang Akademi Perawatan RS PGI Cikini Jakarta

1. Penyuluhan Kesehatan : Diabetes dan Hipertensi

2. Pengobatan Gratis

Dilaksanakan

Hari/tanggal      : Sabtu 12 Mei 2018

Waktu              : 08:00 s/d 14:00

Tempat             : Aula GKP Palalangon kampung palalangon RT 002 RW 008 Desa Ciranjang

Peserta            : 200 Peserta

PROPOSAL PENGABDIAN MASYARAKAT

DI DESA PALALANGON, CIRANJANG.

 

  1. PENDAHULUAN

AKPER RS PGI Cikini sebagai Institusi Pendidikan Tinggi mempunyai tugas untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan  Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada kesempatan ini pengabdian kepada masyarakat akan dilaksanakan di desa Palalangon, Ciranjang. Desa Palalangon merupakan kampung Kristen suku Sunda yang eksis di tengah saudaranya suku Sunda yang Islami. Penduduk desa Palalangon menjunjung tinggi warisan leluhur dan mencantumkan marga di belakang namanya. Kekristenan di Ciranjang merupakan hasil pelayanan Nederlandsche Zendings Vereeniging (NZV), sebuah lembaga misi pekabaran Injil yang berkedudukan di Rotterdam, Belanda pada tahun 1901. Pada kesempatan pengabdian ini AKPER RS PGI Cikini akan bekerjasama dengan GKP (Gereja Kristen Pasundan) yang merupakan gereja tertua di wilayah Ciranjang. Menurut data yang diperoleh melalui pengamatan langsung dan melalui informasi dari pemuka gereja setempat daerah tersebut masih tertinggal dan banyak penduduk yang masih mengalami kemiskinan, penghasilan utama bertani dan nelayan. Masalah kesehatan utama adalah hipertensi, diabetes dan kurang gizi.

  1. TUJUAN

          TUJUAN UMUM

Tertingkatnya pelayanan umum dan kesehatan masyarakat secara berkesimbugan di wilayah Ciranjang.

          TUJUAN KHUSUS

 

  1. Tertingkatnya promosi kesehatan masyarakat terkhusus terkait DM dan Hipertensi di desa Palalangon, Ciranjang
  2. Tertingkatnya pengetahuan orang tua terutama ibu terkait tumbuh kembang anak di desa Palalangon Ciranjang
  3. Tertingkatnya kesehatan masyarakat terutama masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan Hipertensi, DM dan berbagai penyakit lainnya.
  4. Tertingkatnya hubungan kerjasama dengan tokoh gereja dan tokoh masyarakat untuk pengabdian masyarakat secara periodik
  5. Tertingkatnya hubungan kerjasama dengan tokoh gereja dan tokoh masyarakat dalam menjaring generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di AKPER RS PGI Cikini.
  • TEMPAT

          Desa Palalangon/Kertajaya Ciranjang

  1. WAKTU :

          Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Palalangon Ciranjang dilaksanakan pada

  1. SASARAN :

          Adapun sasaran dari Upaya Pengabdian  Kepada Masyarakat ini adalah :

  1. Orang dewasa baik jemaat gereja palalangon maupun penduduk  

          setempat 300 orang

  1. Anak-anak da remaja baik jemaat gereja palalangon maupun penduduk

          setempat 100 orang

  1. Kegiatan:

         Penyuluhan Kesehatan terkait:

  1.  DIABETES MELITUS
  2.  HYPERTENSI
  3.  TUMBUH KEMBANG BALITA

         PENGOBATAN GRATIS (Dr. Lukito dan tim)

  • Koordinator :

          Ns. Yohanes Gamayana Trimawang Aji, M.Kep., Sp.Kep.MB

  • Petugas dari AKPER RS PGI Cikini
  1.  Ns. Yohanes Gamayana T. Aji, M.Kep., Sp.Kep.MB
  2.  Ns. Lince Siringo Ringo, M.Kep., Sp.Kep. An
  3.  Ns.Samsinar Butar Butar, S. Kep.
  •  Petugas dari Luar AKPER RS PGI Cikini
  1. Dr. A.K Lukito Budi, dr. Micky Hatano, dr.Yenny Desniaty
  2. Bidan Moina Sihombing, ST., M.Kes
  3. Bapak Haryadi dan Tim (Masyarakat yang berasal dari Desa Palalangon)                   

           

                                                                                                              Jakarta, 25 April 2018

 

 

 

Ns.Sri Hunun Widiastuti, M.Kep., Sp.Kep. J           Ns.Yohanes Gamayana T Aji, M,Kep., Sp.Kep.MB

                     Direktur                                                                             Ketua LPPM



 Pengabdian Masyarakat Di GKI Harvest, Cawang Akademi Perawatan RS PGI Cikini Jakarta

Pengabdian masyrakat bapak Gama

Pengabdian Masyrakat gama 2

Pengabdian Masyrakat gama 3

Pengabdian Masyarakat Akademi Perawatan RS PGI CIKINI di GKI Harvest Cawang Jakarta Timur, DKI Jakarta

Dilaksanakan : Selasa 24 April 2018

Di GKI Harvest Cawang Jakarta Timur.

Akademi perawatan RS PGI Cikini melakukan Pengabdian Masyarakat dengan mengunjungi Kelompok Pemuda Pedmudi GKI Harvest Cawang untuk memberikan Informasi kesehatan dan informasi tentang materi Love, Sex & Dating.

Perwakilan Akademi Perawatan RS PGI Cikini juga mengikut sertakan mahasiswa dan menampilkan paduan suara Akademi perawatan RS PGI Cikini dalam ibadah Pemuda pemudi GKI Harvest Cawang.

berbagi informasi kesehatan tentang materi Love, Sex & Dating di Ibadah Pemuda .

Hubungi Kami

AKADEMI PERAWATAN RS PGI CIKINI

  • Alamat : Jl. Raden Saleh No.40, Cikini - Jakarta Pusat 10330
  • Telepon : (021) 3153440, 38997777 EXT : 7830-7838
  • Fax : (021) 3153440
  • Email : info@akperrscikini.ac.id

Testimoni

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…