SEMINAR NASIONAL KESEHATAN LANSIA

19 November 2019
K2_ITEM_AUTHOR 

SEMINAR NASIONAL KESEHATAN LANSIA

Selamat & Sukses atas pelaksanaan Seminar Nasional Kesehatan Lansia dalam rangka perayaan jubileum 50 Thn Akademi Perawatan RS PGI Cikini.

Kegiatan tadi siang sangat menarik & kaya akan ilmu pengetahuan, semua para peserta sangat antusias mengikuti seminar, sampai para panitia harus memberikan waktu tambahan pada sesi tanya jawab dengan Narasumber melihat antusias peserta memberikan pertanyaan kepada pemberi Materi, baik dari kaum lansia, pekerja/ profesi perawat, mahasiswa dan peserta umum.

Para pemberi Materi sangat Ahli dibidangnya dan tidak kurang dari 240 peserta hadir, hingga acara selesai, bahkan para alumni Akper RS PGi Cikini yang telah puluhan tahun bekerja di Belanda, Norwegia, Amerika juga turut serta memberikan ilmu pegetahuannya dalam seminar tadi.

Narasumber dalam seminar  kali ini sangat Ahli dibidangnya seperti :

            Foto Dr Tan      

Narasumber Dr. dr.Tan Shot Yen, M.Hum

Beliau adalah seorang Dokter, filsuf, ahli gizi dan selain itu juga beliau merupakan seorang  penulis buku, dan beberapa hasil karya beliau sudah menjadi bestseller. Pada Seminar Nasional Kesehatan Lansia Kemaren (16/11/2019), topik yang dibawakan beliau adalah tentang "Pola Hidup Sehat Sebagai Investasi Jangka Panjang". Penyampaian materi dari Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum sangat lugas dan tegas serta mendidik, kesannya seperti sedang marah, akan tetapi itu merupakan cara beliau untuk membuka mata dan pandangan tentang bagaimana pentingnya pola hidup sehat. Cara tegas dan lugas tersebutlah yang membuat para peserta seminar sangat serius dan antusias mengikuti seminar.

Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum sudah sangat sering menjadi pembicara di berbagai kegiatan kesehatan & seminar, keahlian yang dimiliki beliau tidak diragukan lagi dengan banyaknya prestasi yang telah di dapatkan, pada seminar kemaren segala materi yang disampaikan beliau sangatlah penting serta memberikan penegasan tentang pentingnya hidup sehat dan pentingnya  memiliki blue print dalam pola hidup.

Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum mengatakan kesalahan pasien dalam berobat adalah hanya mencari tahu bagaimana caranya menurunkan tensi, menurunkan kadar gula, menurunkan berat badan, menghilangkan senewen atau sakit di jemari, jika anda hanya mencari tahu "bagaimana" anda akan jatuh menjadi konsumen, beliau menekankan untuk taking ownership of their own body.

Para peserta diberikan edukasi tatacara untuk melakukan pengaturan terhadap pola hidup yang sehat melalui asupan makanan & minuman yang masuk ke dalam tubuh, mungkin sedikit ekstrem terdengar, tapi para peserta seminar sangat terpukau dengan pernyataan beliau, beliau menyampaikan kepada peserta untuk berhentilah mengkomsumsi gula, terigu, nasi & pati ( singkong, ubi, ketang, taloas & jagung), beliau menyampaikan bahwa ketika makanan tersebut masuk ke dalam tubuh maka akan di proses & akan  menjadi gula dalam  waktu dua jam, beliau menyampaikan bahwa benar tubuh manusia membutuhkan gula sebagai energi , akan tetapi kenaikan gula darah karena makanan tersebut sangat cepat & tinggi yang dapat berakibat munculnya penyakit. Beberapa makanan contoh yang di sarankan untuk menjadi penggantinya adalah, 2 tomat, 2 mentimun, setengah avokad, apel dan pear dan 2 butir putih telor rebus. Beliau menyampaikan bahwa dengan mengantikan makanan dengan ini tidak akan ada gula yang akan menjadi lemak. Dr. dr Tan Shot Yen, M.Hum menekankan kepada seluruh peserta untuk memulai memiliki pola hidup sehat dengan asupan makanan yang bukan hanya soal selera dan ketidak pedulian, tapi beliau menyampaikan bahwa makanan yang alami akan jauh lebih sehat dengan cara direbus tanpa campuran kimia seperti gambar dibawah ini :

Isi piring ku Dr. dr Tan Shot Yen M.Hum  Foto Dr.dr Tan Shot Yen I Contoh sayuran mentah  Foto Dr Tan Piramid Makanan

              (materi Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum "isi piringku")                 (materi Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum cth sayuran yg dikomsumsi mentah)          (materi Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum Piramid Makanan sehat)    

Foto Shinta Silaswati Skp Ms

Narasumber Ns. Shinta Silaswati, SKp, M.Sc

Beliau adalah seorang perawat geriatri di RSUD BEKASI yang sudah pengalaman & sangat profesional serta memiliki  banyak pengalaman dalam bidang keperawatan geriatri, topik yang dibawakan oleh beliau dalam seminar kemaren adalah tentang "Peran perawat sebagai pendamping lansia di Keluarga".

Ns. Shinta Silaswati, SKp, M.Sc membuka seminar dengar pertanyaan "Bagaimana peran perawat sebagai pendamping lanjut usia di keluarga", pertanyaan ini mengawali penyampaian materi beliau  yang berfokus terhadap perawatan kesehatn terhadap lansia, beliau membagikan  5 prinsip yang harus di miliki perawat lansia, yaitu :

> Empati

> Tidak Merugikan

> Menghargai putusan akan dirinya sendiri

> Kesungguhan hati

> Keadilan

Beliau juga menyampaikan beberapa peran & fungsi perawat geriatri  yaitu sebagai ( sebagai konselor, pemberi asuhan pendidikan klien, advokator, motivator) selain itu beliau juga membagikan beberapa kondisi yang dialami oleh lansia yang harus sangat dipahami oleh perawat lansia.

> Ganguan gerak

> Pemenuhan giji

> Kesulitan BAB & BAK

> Gangguan prilaku

> Gangguan pola tidur  

beliau juga menyampaikan beberapa materi yang sangat baik & kebetulan peserta seminar juga dihadirin oleh beberapa mahasiswa keperawatan yang tentunya materi-materi yang disampaikan sangat berguna bagi penambahan pengetahuan mereka.

Johanna Tomasoa

Narasumber Johanna Tomasoa,SKM, SKep,M.Kes

Beliau adalah seorang dosen dari poltekkes kemenkes Maluku, beliau sudah memiliki segudang pengalaman dalam bidang kesehatan, topik yang dibawakan dalam seminar kemaren tentang "Hidup sehat bersama GERMAS". Beliau menyampaikan di awali dengan pernyataan "Sehat di Mulai dari Saya". Beliau menyampaikan kepada peserta seminar mengenai Instruksi Presiden No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, bahwa sangatlah penting masyarakat ikut serta berpartispasi dalam gerakan hidup sehat tujuannya adalah untuk menciptakan masyarakat yang sehat & maju & terhindar dari bermacam penyakit. Johanna Tomasoa,SKM, SKep,M.Kes  memperkenalkan ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh germas :

> Peningkatan Aktivitas Fisik

> Peningkatan Prilaku Hidup Sehat

> Penyediaan Pangan Sehat

> Peningkatan kualitas lingkungan

> Peningkatan edukasi hidup sehat

Beliau juga menyampaikan beberapa dan manfaat dan dampak dari GERMAS ini terhadap perubahan masyarakat untuk ikut serta dalam pola hidup sehat, Beliau menampilkan beberapa keberhasilan GERMAS kepada para peserta seperti gambar dibawah ini :

 Johanna Tomasoa I

 Nurdianna Sinaga

Narasumber Nuridiana Siahaan,SKp, M.Sc Beliau merupakan seorang dosen di poltekkes kemenkes Jakarta III, beliau sudah memiliki segudang pengalaman dalam bidang pendidikan kesehatan, dalam seminar kemaren beliau membawakan topik seminar tentang "Aplikasi Senam Sehat Bugar Bagi Lansia". Beliau menyampaikan bahwa lansia adalah setiap orang yang telah berumur 60 Thn , beliau menyampaikan menua adalah suatu proses yang alamia yang meliputi 3 Proses, Yaitu :

> Organikbiologik

> Psikologik

> Sosial

Setiap orang yang mengalami penuaan akan mengalami penurunan fisik & rentan terhadap penyakit selain bukan hanya persoalan fisik  beliau juga menyampaikan adanya penurunan mental , beliau yakin bahwa setiap orang memiliki dambaan bahwa ketika menua terjauhkan dari penyakit, beliau mengajak para peserta untuk melakukan senam lansia agar daya tahan tubuh tetap meningkat, Nuridiana Siahaan,SKp, M.Sc mengajak para peserta untuk mempraktikan Senam lansia, dan para peserta sangat ikut antusias mengikutinya kendati pun para peserta berasal dari bermacam golongan usia & latar belakang, seperti dari perawat, lansia, umum, mahasiswa, setiap narasumber membuka sesi tanya jawab & para peserta sangat antusias untuk menanyakan langsung kepada Narasumber,,hal tersebut dibuktikan dengan mundurnya waktu yang telah di tetapakan oleh panitia, selain itu juga ada sharing yang dilakukan oleh para alumni Akademi Perawatan RS PGI Cikini yang telah bekerja puluh tahun di luar negeri, seperti Belanda, Norwegia dan Amerika.

Akper RS Cikini berharap kedepan akan lebih sering lagi melakukan Seminar Nasional dan International

MAKIN JAYA SELALU  AKADEMI PERAWATAN RS CIKINI

Kunjungan Medsos kami

Add_Facebook AkperrspgiCikini         : @Akperrspgicikini  https://id-id.facebook.com/Akperrspgicikini

Follow_Instagram AkperrscpgiCikini  : @OffcialAkperrscikini   https://www.instagram.com/official_akperrscikini

Email AkperrscpgiCikini                          : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

WhatsApp Center                                      : 081381050252

 

71 K2_VIEWS
Bonatua Silaban

Hubungi Kami

AKADEMI PERAWATAN RS PGI CIKINI

  • Alamat : Jl. Raden Saleh No.40, Cikini - Jakarta Pusat 10330
  • Telepon : (021) 3153440, 38997777 EXT : 7830-7838
  • Fax : (021) 3153440
  • Email : info@akperrscikini.ac.id

Testimoni

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…