SIDANG SENAT TERBUKA DAN PENGAMBILAN SUMPAH PERAWAT AKADEMI PERAWATAN RS PGI CIKINI TAHUN 2019-2020

21 October 2019
K2_ITEM_AUTHOR 

SIDANG SENAT TERBUKA DAN PENGAMBILAN SUMPAH PERAWAT AKADEMI PERAWATAN RS PGI CIKINI TAHUN 2019-2020

Jakarta - Sabtu, 19 Oktober 2019

Berlokasi di Hotel Redtop Jl. Pecenongan 72, Jakarta 10120 - Indonesia tampak berjajar mahasiswa Akademi Perawatan RS PGI CIKINI mengenakan toga dengan wajah ceria. iya, bukan tanpa alasan karena di hari tersebut merupakan hari yang istimewa bagi mahasiswa tersebut karena mereka akan melaksanakan kegiatan akademik terakhir yaitu wisuda.

Setelah digembleng selama 3 tahun dalam proses perkuliahan yang penuh dengan proses pembelajaran baik di kelas, di laboratorium, di Rumah Sakit (RS PGI Cikini Jakarta) dan Puskesmas, penugasan dan pembuatan karya tulis ilmiah akhirnya lelah yang selama ini ditebus dengan hari yang sangat membahagiakan dan membanggakan bagi wisudawan dan tentunya orang tua atau wali wisudawan.

Prosesi wisuda diawali dengan pembukaan sidang senat terbuka oleh ketua senat (dalam hal ini direktur Akademi Perawatan RS PGI Cikini Ns. Yenny, M.Kep.,Sp.Kep.M.B.) dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, MARS Akper RS PGI Cikini dan seterusnya dan diakhiri dengan penutupan sidang senat. Pada kesempatan yang sama turut hadir dalam prosesi tersebut diantaranya Ketua Yayasan Kesehatan PGI Cikini Brig.jen. TNI (Pur) dr.Alexander K.Ginting, S.,SpP, FCCP, Senat Akademi Perawatan RS PGI Cikini, juga dihadiri Ketua PPNI DKI Jakarta, Ketua LLDIKTI, Wilayah III yang pada kesempatan ini diwakili Ibu Norsanti (Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi), Kepala Medik RS PGI Cikini dr. Marihot Tambunan, Sp.PD .,KGH, Ketua Ikatan RS PGI Cikini (IKAAPNI) Bpk. Amri Sihombing, rohaniawan Islam, Katolik dan Kristen, para dosen dan para pembimbing praktik dan mahasiswa baru angkatan 51 serta tamu undangan lainya.

Wisuda kali ini merupakan wisuda Angkatan ke-48 untuk Akademi Perawatan RS PGI Cikini dengan jumlah total mahasiswa yang diwisuda sebanyak 51 orang dan acara ini menjadi lebih special karena bersamaan dengan perayaan Jubelium ke-50 Akademi Perawatan RS PGI Cikini. Di usia yang ke-50 Tahun ini Akademi Perawatan RS PGI Cikini sudah menjadi salah satu Akper tertua yang turut serta mewarnai keperawatan di Indonesia, dimana ketika dilakukan Tracer study/ pelacakan alumni terhadap lulusan Akper RS PGI Cikini, para alumni sudah tersebar di seluruh Indonesia dan dunia, dan kedepan Akademi Perawatan RS PGI Cikini akan mengembangkan Akper menjadi Stikes untuk itu Akper RS PGI Cikini selalu membenahi dan memperbaiki pelayanan tenaga pendidik dengan Mutu yang berkualitas, hal tersebut di sampaikan langsung oleh Direktur Akademi Perawatan RS PGI Cikini Ns. Yenny, M.Kep.,Sp.Kep.M.B., ketika memberikan kata sambutan pembukaan sidang senat terbuka.

L2DIKTI menyambut baik niat Direktur Akademi Perawatan RS PGI Cikini untuk merubah bentuk dari Akper menjadi Stikes, jika nanti benar terwujud maka Akper RS PGI Cikini dapat menyelenggarakan pendidikan dari tingkat DIII sampai jenjang strata satu tandas yang mewakili sambutan dari kepala L2DIKTI Ibu Norsanti (Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi).

Saat ini Akper RS PGI Cikini telah meluluskan sebanyak 2271 alumni yang tersebar diberbagai wilayah baik didalam negeri bahkan luar negeri. Saat ini tercatat ada beberapa MoU yang berhasil kami jalin khususnya dalam hal penyaluran kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Akper RS PGI Cikini sungguh menyadari tantangan di Era Industri 4.0 ini. 

Era perubahan, yang mendorong terjadinya disrupsi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Oleh karena itu kami berupaya menjadi perguruan tinggi yang dinamis yang mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman, agar dapat menjawab tuntutan global dan dunia digital. Kami telah dan akan terus melakukan pembenahan dengan memberi ruang pada kreativitas dan inovasi, menumbuh kembangkan keingintahuan. Karena kami menyadari pengetahuan akan cepat menjadi usang, tetapi keingintahuan tak akan lengkang oleh waktu. Akper RS PGI Cikini berkomitmen menghasilkan lulusan yang handal dalam keperawatan, berkarakter baik, mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan bahkan menciptakan peluang demikian kata sambutan yang di sampaikan oleh Direktur Akademi Perawatan RS PGI Cikini.

Direktur Akper RS PGI Cikini Ns. Yenny, M.Kep.,Sp.Kep.M.B. juga menyampaikan dalam pemeringkatan perguruan tinggi vokasi tahun ini, Akper RS PGI Cikini termasuk 100 perguruan tinggi vokasi tebaik (yaitu peringkat ke 69 nasional) dan peringkat ke-44 untuk kinerja kemahasiswaan. Disamping itu, tracer studi tahun 2019, menunjukan hasil: 70% lulusan kami mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah dinyatakan lulus, mayoritas tempat mereka bekerja adalah di layanan kesehatan swasta 72%, dan di instansi pemerintah sebesar 20%. Adapun Persentase Hasil Uji Kompetensi Nasional dalam 2 tahun terakhir ini adalah 98% dan 96%.

Hal ini dapat tergambar, melalui prestasi para alumni: seluruh wisudawan mencapai Indeks Prestasi Kumulatif > 3.0. dengan IPK tertinggi 3.69
lulus tepat waktu: 98%  80% telah diterima diberbagai RS dan klinik, dan 5 wisudawan melanjutkan pendidikan ke program Sarjana Keperawatan.

Direktur Akper RS PGI Cikini Ns. Yenny, M.Kep.,Sp.Kep.M.B. juga menyampaikan terima kasih kepada RS PGI Cikini sebagai lahan utama praktik klinik bagi mahasiswa Akper RS PGI Cikini , juga kepada: RSAU dr. Esnawan Antariksa Halim, RSJ Dr.H. Marzoeki Bogor, RSUK Johar Baru, Puskesmas Menteng, Senen dan Cempaka Putih, Panti Werdha PSTW Cipayung dan Cilangkap.

Dalam Kesempatan tersebut juga adanya orasi ilmiah yang disampaikan oleh Ns. Sri Hunun Widiastuti, M.Kep,.Sp.Kep.J dengan judul Era Industrial 4.0, beliau adalah Tenaga pendidik di Akper RS PGI Cikini, juga berupakan Direktur Akademi Perawatan RS PGI Cikini 2 periode, beliau menyampaikan bahwa Era Industrial ini harus disikapi dengan mempersiapkan diri dengan kemampuan yang tinggi dan harus berinovasi.

Dalam prosesi wisuda ucap sumpah profesi menjadi prosesi yang paling sakral. Dalam prosesi ini selaku pengambil sumpah adalah ketua PPNI DKI Jakarta dan di damping ketua Yayasan dan Direktur Akper RS PGI Cikini beserta rohaniawan Islam dan kristen dan Katolik. Rangkaian acara berlanjut dengan pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dan persembahan dari wakil wisudawan serta diakhiri dengan penutupan sidang senat. Ini bukan akhir namun awal dari perjalanan hidup yang sesungguhnya, selamat bagi wisudawan dan semoga sukses.

 

wisuda 4 fix wisuda 6 fix wisuda 1 fix  wisuda 7 fix

114 K2_VIEWS
AKPER RS PGI CIKINI

ADMIN - IT SUPPORT

Hubungi Kami

AKADEMI PERAWATAN RS PGI CIKINI

  • Alamat : Jl. Raden Saleh No.40, Cikini - Jakarta Pusat 10330
  • Telepon : (021) 3153440, 38997777 EXT : 7830-7838
  • Fax : (021) 3153440
  • Email : info@akperrscikini.ac.id

Testimoni

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…