Latihan Relaksasi Otot Progresif

Relaksasi progresif adalah memusatkan suatu perhatian pada suatu aktivitas otot dengan mengidentifikasi otot yang tegang kemudian menurunkan ketegangan dengan melakukan teknik relaksai, untuk mendapat perasaan relaksasi (Townsend, 2010). 

Relaksasi progresif merupakan kombinasi latihan pernafasan yang terkontrol dengan angkaian kontraksi serta relaksasi otot (P. A. Potter & Perry, 2005).

Menurut (Davis, 2008) relaksasi progresif memberikan hasil yang memuaskan dalam program terapi terhadap ketegangan otot, menurunkan ansietas, memfalisitasi tidur, depresi, mengurangi kelelahan, kram otot, nyeri pada leher dan punggung, menurunkan tekanan darah tinggi, fobia ringan serta meningkatkan konsentrasi. Target yang tepat dan jelas dalam memberikan relaksasi progresif pada keaadaan yang memiliki respon ketegangan otot yang cukup tinggi dan membuat tidak nyaman sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Relaksasi Otot Progresif akan terasa manfaatnya bila dilakukan secara rutin, 3 sampai 4 kali perhari atau pada saat pikiran yang mengancam itu muncul kembali.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *